Dalam kontek pembelajaran, kita mengenal banyak istilah terkait
dengan keterpaduan, misalnya pembelajaran terpadu, kurikulum terpadu, sekolah
terpadu, atau sekolah satu atap. Pembelajaran terpadu lebih menekankan pada proses
penyampaian materi secara terpadu. Kurikulum terpadu lebih menekankan pada
pengembangan bahan ajar yang memadukan antara satu bidang dengan bidang
lainnya. Sedangkan sekolah terpadu lebih menekankan pada aspek kurikulum
pendidikan umum dipadukan dengan pendidikan agama.
Dalam konteks kurikulum, ditinjau dari konsep dan pelaksanaannya, kita
mengenal beberapa istilah kurikulum sebagai berikut:
a.
Kurikulum ideal, yaitu kurikulum
yang berisi sesuatu yang ideal, sesuatu yang dicita-citakan sebagaimana yang tertuang
di dalam dokumen kurikulum.
b.
Kurikulum aktual, yaitu kurikulum
yang dilaksanakan dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Kenyataan pada
umumnya memang jauh berbeda dengan harapan. Namun demikian, kurikulum aktual
seharusnya mendekati dengan kurikulum ideal. Kurikulum dan pengajaran merupakan
dua istilah yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merujuk kepada bahan ajar
yang telah direncanakan yang akan dilaksanakan dalam jangka panjang. Sedang
pengajaran merujuk kepada pelaksanaan kurikulum tersebut secara bertahap dalam
belajar mengajar.
c.
Kurikulum tersembunyi (hidden curriculum), yaitu segala sesuatu
yang terjadi pada saat pelaksanaan kurikulum ideal menjadi kurikulum faktual.
Segala sesuatu itu bisa berupa pengaruh guru, kepala sekolah, tenaga administrasi,
atau bahkan dari peserta didik itu sendiri. Kebiasaan guru datang tepat waktu
ketika mengajar di kelas, sebagai contoh, akan menjadi kurikulum tersembunyi
yang akan berpengaruh kepada pembentukan kepribadian peserta didik.
Menurut Cohen dan Manion (1992) dan
Brand (1991), terdapat tiga kemungkinan variasi pembelajaran terpadu yang
berkenaan dengan pendidikan yang dilaksanakan dalam suasana pendidikan
progresif yaitu kurikulum terpadu (integrated curriculum), hari terpadu
(integrated day), dan pembelajaran terpadu (integrated learning).
Kurikulum terpadu adalah kegiatan menata keterpaduan berbagai materi mata
pelajaran melalui suatu tema lintas bidang membentuk suatu keseluruhan yang
bermakna sehingga batas antara berbagai bidang studi tidaklah ketat atau boleh
dikatakan tidak ada. Hari terpadu berupa perancangan kegiatan siswa dari
sesuatu kelas pada hari tertentu untuk mempelajari atau mengerjakan berbagai
kegiatan sesuai dengan minat mereka. Sementara itu, pembelajaran terpadu
menunjuk pada kegiatan belajar yang terorganisasikan secara lebih terstruktur
yang bertolak pada tema-tema tertentu atau pelajaran tertentu sebagai titik
pusatnya (center core / center of interest);
No comments:
Post a Comment